Rabu, 13 Mei 2015

Teknik-teknik vocal metal






TEKNIK-TEKNIK VOKAL METAL 


1. Inhaling : Teknik menarik napas dari luar kedalam  dan biasanya distorsi yang didapat lebih banyak daripada Exhale, Tapi lebih nyerap banyak stamina kalau digunakan dalam performance, saya gak bisa memberi contoh Band apa yang ngegunain teknik ini, karena banyak juga band yang sepertinya inhale tapi ternyata exhale seperti randy blyte dari lamb of god.

2. Exhaling: Menghembuskan napas dari dalam tubuh keluar,Ini lebih aman dari inhale karena tidak menarik udara dari luar seperti inhale...jadi bisa meminimalisir udara dan debu yang masuk kedalam tubuh, Suara yang didapat juga bisa lebih bervariasi dari inhale, Band yang ngegunain teknik ini seperti Arch Enemy,I Killed The Prom Queen,Slipknot, Testament..dll


3. Growling : Jenis suara ini biasanya lebih berat dari scream makin dalam pengeluaranya makin serem sampai ada istilah yang disebut Deep Growl,dan jenis suara ini juga bisa didapat dengan teknik inhale maupun exhale. band yang juga sering menggunakan teknik ini seperti : cradle of filth.....tapi dany filth (sang vocalist) kayaknya menguasai semua teknik-teknik tersebut ini dehh....heheehe..


4. Pig squeal : Suara yang biasanya disini disebut suara babi,teknik ini biasanya menggunakan inhale tapi tidak ada ketentuan yang pasti...ada juga orang yang mengeluarkan Pig Squeal dengan exhale, Contoh band nya : Waking the cadaver, Condemned, Disgorge.


5. Scream : Karakter vokal ini ada yang menggunakan teknik vibrato (suara getar) yg paling penting, untuk vocal ini apa cukup dengan hanya menaik-turunkan pitch nada , berlatih dari nada yang pelan-pelan tetapi tidak mengurangi karakter Scream yang ada meskipun pelan-pelan hingga jadi cepat secara otomatis bergetarnya. band yang sering menggunakan teknik ini seperti : korn, slayer, hollowen..dll

6. Grunt : Untuk Teknik yang Satu ini beda dengan Scream maupun Growl, karena Grunt itu menghisap suara. dan teknik ini menurut saya adalah teknik yang sangat mudah dipelajari karena kita hanya perlu berbicara dengan menyedot bukan mengeluarkan. Band yang gunain teknik vocal grunt antara lain : Amon Amarth, Job for a Cowboy, Suicide Silence.

7. Frying : Tenik ini juga merupakan teknik modifikasi dari Scream, Seperti namanya teknik ini kalo kita dengar suaranya seperti suara yang keluar dari tenggorokan yang kering. Contoh band yang juga make ini teknik diantaranya : Lamb of God, Bless The Fall, Screaming Factor.

8. False : Untuk teknik yang satu ini banyak yang mengatakan bahwa teknik yang satu ini sangat susah karena teknik ini sama halnya seperti Scream namun terjadi Distorsi di tenggorokan dan pelebaran bentuk mulut sehingga menghasilkan suara yang Scream yang tinggi namun berdistorsi. 

untuk mengeluarkan distorsi di tenggorokan ada cara -caranya :
- cobalah berkata "Heahhh" tapi cara pengeluarannya adalah seperti saat kita berkata "Ehemm - Ehemm" yang menyebabkan tenggorokan kita seperti bergetar
- coba lakukan langkah pertama itu dengan tambahan Scream
- lalu untuk membuat suaranya menjadi tinggi, mainkan bentuk mulut anda. seperti halnya kalau ingin semakin tinggi kita harus lebarkan mulut kita..., emang agak kayak senam mulut ato kumur2....hehee.. tapi begitulah para vocalist metal dalam berlatih vocal...


Untuk anda yang ingin mempelajari teknik yang satu ini. Sering seringlah mendengarkan lagu - lagu dari band yang memakai teknik ini..(asal ga kelompok nasyid aja....ntar di lain hari kita ngebahas teknik vocal marawis dehh....) dari sana pasti anda akan menemukan letak penting dari teknik FALSE ini bagi sang vocalistnya. Band yang memakai teknik ini : "Banyak yang menyangka teknik ini rumit sehingga kurang begitu banyak yang memakai teknik ini, teknik teknik seperti ini banyak di temukan di Band Band yang Beraliran Deathcore, Grindcore, Deathmetal. Contohnya ; Carnifex, Suicide Silence, The Black Dahlia Murder.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar